Thursday, April 6, 2017

SEKILAS TENTANG SOFTWARE BLENDER

SOFTWARE ANIMASI 3D
(BLENDER)
Description: C:\Users\FNURIKHWAN\Downloads\220px-Logo_Gunadarma.jpg
3KA05
KELOMPOK
Fajar Nur Ikhwan (13114867)
Fauzan Ichwan (14114065)
Philip Lambok (18114436)





UNIVERSITAS GUNADARMA
SEJARAH SOFTWARE
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.

Description: C:\Users\FNURIKHWAN\Downloads\largeImg.png
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.

DEFINISI BLENDER
Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal.Blender memiliki video compositor dan intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak ada sifat royalt kepada developer, dan dapat dipublikasikan baik free maupun untuk dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya. Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki Game Engine sendiri dan menggunakan Python sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll.

Blender menggunakan OpenGL sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac OS X. Saat ini Blender sudah mengeluarkan versi yang terbarunya, yaitu Versi 2.49 yang lebih ditujukan untuk pembuat game. Karena Versi ini memiliki fitur-fitur baru yang dirancang untuk membuat tampilan game yang lebih realistis dari pada versi sebelumnya.
Blender sendiri dapat dijalankan pada sistem operasi sebagai berikut :
·         Microsoft Windows
·         Mac OS
·         Linux
Blender membutuhkan spesifikasi sebagai berikut :
·         OpenGL-compatible graphics card with 256 MB RAM
·         32-bit dual core 2Ghz  CPU with SSE2 support.
·         2GB RAM
·         24 bits 1280×768 display

KELEBIHAN BLENDER

·         Plugins converter yang cukup banyak.
·         Tidak memerlukan ruang kapasitas yang banyak.
·         Tidak berat saat melakukan render untuk membuat animasi.
·         Multiplatform
·         Update secara berkala
·         Free (dapat di download secara gratis)
·         Ringan pada spek ang minimum
·         Open source

KEKURANGAN BLENDER

·         Tool yang disediakan tidak selengkap 3ds Max.
·         Semua dilakukan secara manual.
·         User Interfacenya cukup berantakan.

FITUR PADA BLENDER
·         Photorealistic Rendering.
·         Fast Modeling.
·         Realistic Materials.
·         Fast Rigging.
·         Animation toolset.
·         Sculpting.
·         Fast UV Unwrapping.
·         Full Composito.
·         Amazing Simulations.
·         Game Creation.
·         Camera and Object tracking.
·         Library of Extensions.
·         Video Editing.
·         File Formats.
·         Flexible Interface.
MENU PADA BLENDER

menu File , sama seperti software-software lain pada umumnya. Menu ini berisi perintah-perintah untuk men-save, print,close, dll.menu Add, berfungsi untuk melakukan penambahan objek, misalnnya ketia kita mulai membuat sebuah grafik 3D tidak jarang kita harus membuat lebih dari satu objek lalu menggabungkannya dengan objek yang lain atau membuat objek yang lain agar tampilan dari grafik yang kita buat menjadi lebih real,

1.      Tool Button pada Blender
Transform Manipulator Mode (simbol segitiga merah) digunakan untuk mengambil objek Rotate Manipulator Mode (simbol lingkaran hijau) digunakan untuk merotasi objek Scale Manipulator Mode (simbol persegi biru) digunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek Transform Orientation digunakan untuk merubah orientasi saat mentransformasiRotating / Scalling Pivot (simbol titik hitam beserta tanda panah), pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada blender kita menggunakan Median Point
2.      Field Rendering
Field rendering sering digunakan untuk mengurangi strobing effect yang disebabkan gerakan cepat dari sebuah obyek dalam rendering video.
3.      Shader
Shader adalah sebuah tambahan yang digunakan dalam 3D software tertentu dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu seperti lighting effects, atmosphere, fog dan sebagainya.
4.      Rendering
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output
5.       Imaging dan Komposisi
multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
CONTOH OUTPUT BLENDER
Description: C:\Users\FNURIKHWAN\Downloads\Jimiy.jpg

Description: C:\Users\FNURIKHWAN\Downloads\download.jpg

No comments:

Post a Comment